Kembali ke Halaman Utama

Hak dan Kewajiban Pasien

(Berdasarkan Undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit pasal 32)

Kewajiban Pasien

  1. Pasien dan keluarganya berkewajiban mentaati segala peraturan dan tata tertib rumah sakit
  2. Pasien berkewajiban mematuhi instruksi dokter dan perawat dalam pengobatannya
  3. Pasien berkewajiban memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya kepada dokter yang merawat
  4. Pasien dan atau penanggungnya berkewajiban untuk melunasi biaya atas jasa Rumah Sakit / dokter
  5. Pasien dan atau penanggung jawabnya berkewajiban memenuhi hal – hal yang telah disepakati/perjanjian yang telah dibuatnya

 

Hak Pasien

  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit
  2. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien
  3. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil jujur dan tanpa diskriminasi
  4. Memperoleh layanan kesehatan yag bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
  5. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi
  6. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan
  7. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai keinginannya dan peraturan yang berlaku di rumah sakit
  8. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Ijin Praktek (SIP) baik di dalam maupun di luar rumah sakit
  9. Mendapat privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data – data medisnya
  10. Mendapat informasi meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan
  11. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya
  12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis
  13. Menjalankan ibadah sesuai agama / kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya
  14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di rumah sakit
  15. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perilaku rumah sakit terhadap dirinya
  16. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
  17. Menggugat dan atau menuntut rumah sakit pabila rumah sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata maupun pidana.
  18. Mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.